Selasa, 04 September 2012

Cara Mencari koordinat Sekolah

1
Cara Mencari Titik Koordinat Bumi Lokasi Keberadaan Lembaga.
Terdapat fitur baru untuk formulir detail lembaga di bagian data umum untuk lokasi, lebih jelasnya silahkan melihat gambar berikut ini:
Gambar 1. Fitur Koordinat Bumi Terdapat dua kategori Koordinat, yakni data koordinat yang diambil dari Googlemap dan data koordinat yang diambil dari GPS. Cara menentukan data koordinat yang diambil dari google map adalah sbb:
1. Silahkan buka browser (IE, Firefox, Google Chroom, dll) anda dan buka situs map.google.com, maka akan terlihat gambar berikut ini:
Gambar 2. Gambar Peta Indonesia di Google Map.
Jika ketika terbuka situs map.google.com, tetapi belum terlihat peta wilayah Indonesia, maka silahkan dicari terlebih dahulu dengan cara menggeser gambar tersebut dengan mouse atau dapat juga dengan menekan tombol navigator atau .
2. Setelah ketemu gambar wilayah Indonesia, maka silahkan cari keberadaan lokasi lembaga dengan cara membesarkan peta tersebut atau dengan cara menggeser zoom atau gambar kearah tanda +. Atau anda dapat juga mengetikkan di jendela pencarian yang tersedia di situs google.com tersebut, seperti gambar berikut ini:
2
Gambar 3. Jendela Pencarian Google Map.
Contohnya, mencari lokasi MTsN 5 Jakarta dengan alamat Jl. Sungai Landak No. 10 Cilincing Jakarta Utara, maka di jendela pencarian kita ketikan Kota Jakarta Utara Cilincing lalu tekan tombol pencarian atau , lihat gambar berikut ini:
Gambar 4. Jendela Pencarian dengan peta wilayah yang dicari melalui Google Map.
Kemudian jika sudah ketemu peta wilayah lokasi lembaga yang dicari, maka untuk lebih detailnya kita dapat mengubah mode map menjadi mode satellite dengan menekan gambar lalu memilih, sehingga akan Nampak seperti gambar berikut ini:
Gambar 5. Gambar peta wilayah dengan mode satellite.
3
Setelah itu dengan menggunakan fasilitas zoom bar, silahkan mencari lokasi keberadaan lembaga saudara sampai ketemu, sehingga akan muncul gambar sbb:
Gambar 6. Gambar lokasi lembaga dengan mode satellite. Setelah ketemu lokasi lembaga, maka silahkan klik kanan dari mouse bagian gambar lokasi lembaga anda sehingga akan muncul pilihan seperti gambar berikut ini:
Gambar 7. Gambar lokasi lembaga dengan mode satellite dan tersedia pilihan.
Setelah muncul jendela pilihan tersebut, maka silahkan memilih , setelah itu akan muncul titik koordinat bumi lembaga tersebut seperti gambar berikut ini:
Gambar 8. Gambar lokasi lembaga dengan mode satellite dengan disertai informasi titik koordinat bumi.
4
Nilai -6.103666, 106.938625, merupakan informasi titik koordinat bumi yang sduah kita dapatkan dari peta google tersebut, selain itu juga pada lokasi lembaga yang kita tuju juga akan terdapat gambar notasi ( ) yang merupakan notasi petunjuk lokasi titik koordinat bumi.
3. Langkah berikutnya adalah mengkonversi nilai koordinat bumi -6.103666, 106.938625, dengan nilai dalam bentuk derajat menit dan detik untuk garis lintang dan bujur. Cara mengkonversinya adalah dengan cara membuka situs http://emispendis.kemenag.go.id, pada bagian FAQ, kemudian pilih Tools Konversi Titik Koordinat sehingga akan muncul
jendela seperti gambar berikut ini:
Gambar 9. Gambar Tools Konversi Titik Koodinat.
Setelah itu silahkan masukkan nilai -6.103666, 106.938625, ke dalam baris latitude dan longitude, sehingga akan menghasilkan data sebagai berikut:
Gambar 10. Gambar Tools Konversi Titik Koodinat beserta hasil konversinya. Sehingga nilai -6.103666 adalah sama dengan -6° 6’ 13.19” dan nilai 106.938625 adalah sama dengan 106° 56’ 19.05”.
4. Kalau semua koordinat sudah ketemu, maka silahkan isikan nilai-nilai tersebut ke dalam formulir aplikasi, sehingga akan terlihat tampilan sbb:
Gambar 11. Gambar isian formulir aplikasi emis online. Catatan: Jangan Lupa untuk selalu menuliskan lambang +/- supaya nanti koordinatnya tdk terpental keluar dari peta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar